Jumat, 02 November 2012

cupang adu


 Cupang Adu Bogor
by Cupang Bogor on March 26, 2012
Cupang Adu Bogor – cupang adu banyak sekali di gemari oleh kalangan anak-anak maupun remaja, bahkan orang dewasa pun sangat hobi dengan cupang adu. Contoh nya saja di Bogor, dibogor sangat banyak sekali penghobi ikan cupang adu/laga yang dapat mereka beli  mulai harga murah sampai mahal dan banyak juga yang membudidayakan  Cupang Adu tersebut. disini Cupang Bogor menjual dari ukuran S baby, S, M-, M, M, dan L. Apabila anda ingin melihat update ikan cupang seri kami, anda bisa lihat dengan mengklik page di update seri terbaru dan untuk melihat foto nya anda bisa mengklik foto cupang seri

Cupang Adu Bogor

Apabila anda ingin cupang yang berumuran tua/berukuran L, jangan jauh-jauh untuk mencarinya, karena di cupang bogor kami mempunyai stock yang lumayan banyak, di bawah ini contoh ikan berukuran besar atau sering di sebut ukuran L
Ikan berukuran Besarcupang adu  ini mempunyai warna yang sangat cerah dengan perpaduan warna biru dan merah hati, cupang ini sudah berumur -+13 bulan atau 1 tahun lebih sebulan, wowwww “pasti mental dan sisik sudah OK” tuhh.
Menurut pengalaman penggemar ikan cupang adu, ikan berukuran L apabila ikan cupang tersebut fight/ngadu sangat lah lama, biasa nya 5 jam sampai 6 jam dikarenakan postur tubuh yang sangat besar. Akan tetapi apabila ikan tersebut memukul lawan, sangat lah kencang berbeda dengan ikan cupang yang berukuran kecil.
Dasi cupang tersebut cukup panjang, banyak kalangan penggemar ikan cupang menyebut nya dengan “dasi kantor” Hahaha, *memangnya mau ngantor mas*. Sisik ikan ini sangat terlihat jelas apa lagi melihat nya dengan bantuan sinar matahari pagi, pasti sangat serem dan sisik kering ini lah menjadi pertahanan ikan dalam beradu.
Ikan cupang berukuran besarCupang adu yang berumur Tua tidak hanya untuk di adu, akan tetapi banyak penggemar yang ingin membudidayakan ikan cupang tersebut sebagai pacekan/jantan, karena dengan umur yang siap membuat anakan ikan tersebut menjadi bagus.
Lihat gambar disamping kanan, mulut/ring nya sangat seram atau sering di takuti oleh musuh ikan tersebut. Jadi agan-agan apabila berminat untuk membeli cupang adu yang berukuran L/besar di cupang bogor mempunyai stock banyak , apa bila berminat Hubungi admin cupang bogor. dengan cara mengklik page di Hubungi Kami

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

by Cupang Bogor on February 12, 2012
Cara Melatih Ikan Cupang Aduan – Saya ingin membagi pengalaman bagaimana cara melatih ikan cupang aduan/cara pale ikan, agar ikan tersebut bagus disaat ngadu/bertarung. Mungkin setiap orang pasti berbeda-beda cara melatihnya, ikan usahakan sebelum di adu harus dirawat selama seminggu/2 minggu, yaa kadang-kadang rahasia bagaimana cara melatih ikan tersebut. akan tetapi saya ingin membagi cerita/pengalaman bagaimana dasar-dasar cara melatih ikan cupang aduan selama 1 minggu:
Renan Buat Putar Ikan
Renan Buat Putar Ikan
  • ikan usahakan angkat lubuk -+ 7 bulan, dan ikan tersebut harus ren nan selama 1bulan lebih.
  • kita mulai masukin ikan hari minggu kedalam ceri/toples.
  • dari hari senin sampai hari kamis ikan kita latih semaksimal mungkin.
  • caranya : usahakan pagi-pagi ikan harus di jemur dari jm 8-9. lalu pindah kan ketempat biasa kita simpan. lalu ikan di putar pelan-pelan ke kanan 10 kali dan ke kiri 10 kali. sesudah itu ikan pindah kan ke jantur/ke tempat aquarium selama 2 jam. lalu sore sekitar jm 5an ikan kita kasih makan secukupny dan ikan air nya harus keadaan bersih. dan seterus nya sampai hari kamis.
Jantur Kaca
Jantur Kaca
  • hari jum’at dan hari sabtu ikan gak usah di latih, akan tetapi cukup di kasih makan secukupnya dan kita istrahatkan agar kondisi ikan maksimal.usaha kan ikan di kasih makan pagi dan sore.
  • pada hari minggu pagi ikan kita galak-galkin/merong agar si ikan mengeluarkan kotoran dan ikan harus kita kontrol/ikan tersebut sehat. lalu ikan tersebut siap di adu.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Fungsi nya di jemur, agar ikan cupang tetep sehat dan ikan stabil. dan di putar agar power nya kuat/pukulannya pun kencang. di jantur, ikan nafasnya kuat.
mungkin segitu dulu tips melatih/palean ikan cupang aduan, itu baru dasar-dasar nya saja. Akan tetapi banyak cara-cara lain untuk melatih ikan cupang agar power nya di saat ngadu maksimal.

Selamat Mencoba.. :)

Ikan Tawar atau Laut Tercantik di Dunia

by Cupang Bogor on February 5, 2012
10 ikan tercantik di dunia – disini saya ingin berbagi pengetahuan tentang ikan tercantik di dunia tuh apa saja sihh,, di bawah ini adalah 10 ikan tercantik di dunia
10. African Cichlids

Ikan ini diucapkan sebagai “Sick-Lids”. Ikan ini ditemukan di 3 danau di Afrika: Malawi, Tanganyika, dan Victoria. Spesies yg ada di Danau Victoria jumlahnya kurang beragam dan kurang berwarna-warni dibandingkan dengan lainnya. Biasanya mereka tumbuh hingga 6-7 inchi, dengan pengecualian untuk Spesies Frontosoa, yg bisa tumbuh sampe 12-14 inchi. Ikan2 ini adalah ikan2 air tawar yg bisa dengan gampang dipiara di akuarium rumahan. Selain di Afrika, ada juga spesies ikan ini yg idup di perairan Amazon, tapi ukurannya lebih besar dan lebih agresif dari yg di Afrika.

9. Parrotfish

Dinamakan demikian karena bentuk mulutnya yg mirip paruh burung. Ikan ini menggunakan mulutnya yg seperti paruh itu untuk memecah dan memakan invertebrata kecil yg hidup di daerah koral. Biasanya mereka akan memakan utuh2 bebatuan koral atau pasir2 laut lalu mengunyah invertebrata yg ada di dalamnya, lalu membuang sisa2nya.

8. Regal Tang

Ini ikan yang ada di Finding Nemo bukan sih? Btw, ikan ini tergolong dalam family Surgeonfish, yg memiliki pisau kecil dari zat kapur yg dapat disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi predator.

7. Coral Beauty

Ikan ini tergolong dalam Angelfish. Ikan2 ini bisa disimpan dalam akuarium2 rumahan dan dapat bertahan hidup dengan baik di dalam habitatnya (hardy).

6. Flame Angel

Ikan ini memikiki hubungan dekat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama seperti Coral Beauty, tapi sifatnya tidak ‘seteguh’ Coral Beauty.

5. Koi

Ada banyak variasi warna dari ikan koi (sekitar 100an). Koi dapat memiliki warna oranye, merah, putih, keemasan, atau hitam. Beberapa penggemar koi rela membayar ribuan dolar untuk seekor koi hanya untuk mencari pola warna koi yg langka.

4. Moorish Idol

Ikan ini tergolong susah untuk dipiara di akuarium rumahan, dan juga sangat mahal harganya. Di sumber yg gua baca, ga ada keterangan lebih lanjut untuk ikan ini. Mau googling?

3. Lionfish

Ikan ini disebut juga Zebrafish. Tulang belakangnya itu memiliki racun yg sangat menyakitkan dan cukup efektif. Orang yg memeliharanya pastinya harus ati2 kalo mo membersihkan akuariumnya.

Ikan Tawar atau Laut Tercantik di Dunia

2. Discus
http://listverse.files.wordpress.com/2008/08/pompadour-discus-tm.jpg
Ikan ini merupakan spesies ikan air tawar yg mungkin merupakan ikan air tawar yg paling cantik. Harganya juga mahal banget: anakan yg panjangnya 3 inchi berkisar antara $50-$80.

1. Mandarinfish

Ada 2 varietas dari spesies ini: Mandarinfish standar dan Psychedelic Mandarin. Yang standar biasanya memiliki pola dan warna yg lebih bagus dibanding Psychedelic. Harganya ga lebih dari $20 per ekor, tapi yg jadi masalah adalah makanannya. Mereka cuma memakan mikro-invertebrata yg hidup di bebatuan koral. Untuk bisa memeliharanya di akuarium rumah, kita perlu memiliki bebatuan koral yg cukup di dalam akuarium selama sebulan untuk membiarkan si ikan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Cupang Betina
by Cupang Bogor on January 14, 2012
Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Cupang BetinaCara membedakan ikan cupang jantan dan betina sangatlah mudah, namun bagi anda yang masih newbie/baru dalam mengetahui cara membedakan ikan cupang jantan dan betina anda dapat melihat Dibawah ini :
cara membedakan ikan cupang jantan dan betina adalah sebagai berikut :
Cupang jantan
Cupang Betina
- Tubuhnya langsing
- Tubuhnya gempal
- Gerakannya lincah
- Pergerakannya lamban
- Ekornya panjang dan mekar indah jika di dekatkan pada cupang lain
- Ada titik putih pada perut nya
- Warna tubuhnya menarik
- Warnanya agak kusam/kurang menarik
Di bawah ini adalah contoh ikan cupang jantan dan cupang betina :
Contoh Ikan Cupang Jantan
Contoh Cupang Betina.

Jenis Daun Ketapang | Ikan Cupang

by Cupang Bogor on January 10, 2012
Jenis Daun Ketapang - Daun ketapang di bagi menjadi dua jenis daun ketapang yang tumbuh di darat & di pinggir pantai.
  1. Daun ketapang yang tumbuh di daratan : Daun ketapang ini lumayan banyak di temukan di mana-mana dan fungsinya juga sangat baik untuk ikan cupang kususnya ikan cupang aduan & hias. untuk perawatan sisik & sirip sangat baik bila di gunakan daun ini, tapi ingat jangan biarkan daun ini terlalu lama di biarkan hingga berminggu-minggu ini akan mengakibatkan permukaan air menjadi seakan-akan seperti minyak hal ini dapat mengganggu kesahatan metabolisme ikan cupang.
  2. Daun ketapang yang tumbuh di pinggir pantai : Daun ini lebih bagus lagi dan saya sangat merekomendasikannya. selain membuat sisik & sirip ikan menjadi lebih baik air yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lebih terlihat menarik atau menyala lebih terang di banding perubahan air yang di hasilkan daun ketapang darat. dan juga daun ketapang ini lebih tahan lama karena air di permukaannya tidak berubah seperti berminyak pada permukaannya beda dengan air di daun ketapang darat.
Akan tetapi menurut pengalaman saya, daun ketapang yang baik adalah daun ketapang yang kering dan telah terjatuh sendiri dari pohonnya. dan bukan daun yang sengaja di petik kemudian di keringkan karena hasilnya akan berbeda dan khasiatnya kurang banyak bermanfaat untuk cupang peliharaan kita.

Jenis Daun Ketapang

kemudian karena jenis daun ketapang di ambil dari daun yang telah jatuh dari pohon maka haruslah dibersihkan dengan mencucinya lalu agar khasiat daunnya lebih bagus di anjurkan di jemur lagi, karena agar si daun lebih bagus khasiatnya untuk ikan, sebelum di masukan ke dalam wadah. daun ketapang di robek kecil-kecil atau jangan terlalu besar agar jangan mengganggu ikan cupang yang berada di dalam wadah.

Tips dan Trik | Budidaya Ikan Cupang

by Cupang Bogor on December 31, 2011
Budidaya Ikan Cupang – Penggemar ikan cupang makin hari makin banyak, baik itu dari kalangan anak kecil hingga dewasa. Karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher). Ekor dan sirip ikan cupang ketika mengembang sungguh memikat para pecinta ikan hias. Warna ikan yang biasa dikenal dengan ikan beta ini sungguh menarik, serta untuk budidaya satwa ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga bisa dilakukan di rumah.
Konsumen ikan cupang ini adalah para pecinta ikan hias, dan sebagian anak-anak, serta mahasiswa kos yang biasanya menghiasi kamarnya dengan ikan hias. Modal yang dibutuhkan dalam pembudidayaan ikan cupang juga tidaklah besar. Kita hanya mengeluarkan modal sebesar Rp. 5.000.- s/d Rp. 10.000,- untuk sepasang ikan cupang, sebagai indukan. Sebagai wadah tempat ikan atau aquariumnya, kita juga bisa memanfaatkan bekas botol air kemasan yang tentunya kita bisa mendapatkan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah. Untuk pakan ikan cupang tidaklah memerlukan pakan ikan yang mahal-mahal, cukup carikan nyamuk mati, jentik-jentik nyamuk atau sisakan beberapa serat daging dari lauk pauk yang kita makan sehari-hari.

Budidaya Ikan Cupang

Kita juga bisa menjual anakan ikan cupang ke pasaran dengan harga Rp. 1000,- per ekor. Dari sepasang induk ikan cupang bisa dihasilkan 100 s/d 200 anak ikan cupang. Jadi, jika kita hitung keuntungan yang diperoleh dari hal tersebut lumayan besar. Apalagi kalau kita bisa menghasilkan ikan cupang kualitas aduan, kontes atau bahkan kualitas ekspor. Kita bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah per ekor.
Namun, tentunya kita juga harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana mengawinkan ikan cupang hingga berterlur dan menetaskannya. Ikan cupang jantan dan betina meiliki ciri-ciri khusus untuk dipijahkan (berkembang biak):

Ciri-ciri khas yang dimiliki ikan cupang:
Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.
Ciri ikan jantan untuk dipijahkan:
* Umur ± 4 bulan.
* Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
* Gerakannya agresif dan lincah.
* Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina:
* Umur telah mencapai ± 4 bulan
* Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
* Gerakannya lambat.
* Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
* kondisi badan sehat.

Pemijahan dan perawatan ikan
Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan, yaitu:
1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

Pembesaran anak
1. Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar