Senin, 13 Maret 2023

CARA MENURUNKAN KADAR TRIGLISERIDA



Trigliserida merupakan senyawa kimia yang ada pada lemak dalam asupan makanan sehari-hari. Di dalam tubuh, trigliserida berada di berbagai tempat, termasuk dalam plasma darah, dan Bersama kolesterol membentuk lipid plasma. Selain berasal dari lemah, trigliserida terdapat dalam asupan untuk mendapatkan energi, seperti karbohidrat. Kalori dalam makanan yang tidak digunakan tubuh akan diubah oleh jaringan menjadi trigliserida dan disimpan dalam lemak. Saat tubuh memerlukan tambahan energi, maka hormon dalam tubuh akan mengatur pengeluaran trigliserida dari jaringan lemak tubuh. Masalah akan muncul bila kadar trigliserida dalam tubuh terlalu tinggi melebihi yang dibutuhkan tubuh.


Trigliserida meningkatkan resiko kematian akibat serangan jantung dua sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan kolesterol. Trigliserida bersumber dari lemak tak jenuh berasal dari tumbuhan, seperti santan yang berguna bagi kesehatan. Tetapi jika berlebihan, lemak tak jenuh akan memicu peningkatan trigliserida. Seperti halnya kolesterol, timbunan trigliserida berpotensi menyumbat aliran darah (arterosklerosis). Akibatnya pebuluh darah yang tersumbat itu memperlambat pasokan darah ke jantung, hingga akhirnya bermuara pada kematian.

 


Lantas apa perbedaan antara trigliserida dan kolesterol? Sementara trigliserida menyediakan energi untuk tubuh, kolesterol berfungsi untuk membentuk sel serta berbagai jenis hormon. Karena trigliserida dan kolesterol tidak bisa dihancukan di dalam darah, maka keduanya disalurkan ke seluruh tubuh dengan bantuan lipoprotein.

 

Hipertrigliserida banyak ditemukan pada orang yang gemuk, penggemar karbohidrat, orang yang sering mengkonsumsi gula sederhana, seperti jus buah dan santan, serta peminum minuman beralkohol. Kadar trigliserida yang tinggi biasanya dibarengi dengan kadar kolesterol yang tinggi. Beberapa penyakit seperti diabetes, hipertiroidisme, dan gagal ginjal, sering kali juga mendorong kenaikan kadar trigliserida di atas ambang normal.

 


Kunci untuk menurunkan kadar trigliserida yang terus merangkak naik tak lain dari mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kurangi kelebihan berat tubuh dengan berolahraga secara teratur dan mengurangi asupan kalori terutama karbohidrat sederhana seperti gula. Selain itu, kurangi konsumsi asupan kolesterol hingga 300 miligram per hari. Kolesterol mudah ditemukan dalam kuning telur, produk olahan susu, serta daging. Bila kadar trigliserida terlampau tinggi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan pengobatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN TETANUS, TANDA GEJALA, DAN CARA PENANGANANNYA

Pengertian Tetanus Tetanus adalah penyakit serius yang terjadi pada sistem saraf. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri penghasil racun. Ge...