Selasa, 25 Desember 2012

Kultum: arti penting berjuang di jalan allah bagi pelajar


Assalamu’alaikum Wr. Wb
            Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan bagi kita semua untuk dapat berkumpul dan menjalankan ibadah sholat dzuhur secara berjamaah. Sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada junjungan besar  nabi kita Muhammad SAWyang telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman islamiah yang terang benderang dan indah ini.
            Perlu kita ketahui bahwa di zaman ini banyak penyelewengan2 yang terjadi dalam hal pemahaman agama. Kurangnya pengertian agama dapat menyebabkan kita terjerumus dalam hal2 yang kurang tepat pnempatannya ataupun kepentingannya. Misalnya saja tentang kurangnya pamahaman tentang pengertian berjihat (berjuang di jalan allah) bagi setiap orang. Ada yang mendevinisikan berjihat adalah berperang di jalan allah untuk menegakkan agama islam, dan ada pula yang mengartikan untuk membunuh orang kafir dengan tanpa pandang bulu.
            Definisi yang kedua inilah yang kurang tepat, karena tindakan tersebut juga dapan menghilangkan nyawa orang-orang tidak bersalah bahkan bisa jadi umat muslim pun menjadi korban. Kita ambil contoh kasus-kasus terorisme yang terjadi di sekitar kita. Aparat-aparat keamanan justru menjadi korban dalam kebrutalan teroris.
            Dan juga kasus-kasus bom bunuh diri yang terjadi di tempat umum dan tempat ibadah. Calon-calon pelaku bunuh diri ini adalah orang2 yang kurang pemahaman agamanya, dan pelajar serta mahasiswa merupakan sasaran empuk bagi teroris. Oleh karena itu tambahlah pemahaman dan iman kalian tentang agama suci kita ini.
Berjihat bukan hanya dengan jalan berperang saja, melainkan kita juga dapat berjihat dengan harta dan fikiran kita dalm menghadapi pengaruh dunia barat yang semakin merasuki fikiran anak-anak bangsa. Berjihat dengan harta benda kita misalnya dengan menyumbangkan segelintir harta kita untuk kegiatan keagamaan dan pembangunan tempat2 ibadah.
Sedangkan dengan fikiran kita dapat berjihat dengan mengembangkan pengetahuan yang ada agar negara kita serta agama kita tidak kalah bersaing dengan orang2 kafir. Zaman globalisasi ini kemampuan pikir justru yang sangat di butuhkan untuk perang pola pikir. Pelajar harus mengerti di mana kedudukanya di dalam pengembangan ilmu di masing-masing negara, karena negara puluhan tahun yang akan datang dapat di lihat dari pemudanya di masa sekarang ini.
Bahwa menuntut ilmu selain dapat menjadikan kepandaian juga merupakan hal yang disukai oleh allah SWT. Sekian hanya sedikit yang dapat saya sampaikan apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN TETANUS, TANDA GEJALA, DAN CARA PENANGANANNYA

Pengertian Tetanus Tetanus adalah penyakit serius yang terjadi pada sistem saraf. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri penghasil racun. Ge...